Cara Efektif Bersihkan Jendela Rumah Usai Mudik Lebaran
Posted: 2022-05-10

Setelah pulang dari mudik Lebaran ke kampung halaman, banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat rumah Anda kembali bersih. 

Salah satunya adalah membersihkan bagian eksterior jendela rumah. Jendela bisa menjadi sangat kotor karena terpapar debu dan kotoran lainnya. 
Terlebih jika Anda meninggalkan rumah lebih dari tiga hari, tentu sudah banyak kotoran yang menempel di area kaca. 

Mulailah langkah pembersihan dengan membilas jendela secara umum menggunakan air dari selang taman. 

Penyemportan air sangat efektif untuk menghilangkan sebagian besar kotoran yang menempel di kaca. Setelah itu, bersihkan jendela dengan cairan pembersih.

Isi ember dengan air bersih dan beri beberapa tetes sabun cair yang biasanya digunakan untuk mencuci piring di rumah.

Kemudian celupkan kain mikrofiber atau atau kain lap ke dalam campuran larutan tersebut. Gosok seluruh permukaan kaca jendela dengan merata. 

Untuk menghapus noda yang membandel di area kaca, gosok area tersebut dengan sikat berbulu lembut. Jangan pernah menggunakan kawat baja karena justru akan merusak permukaan kaca. 

Selanjutnya, bersihkan kaca sekali lagi menggunakan larutan pembersih kaca komersial atau buat campuran air, cuka, dan alkohol. 

Gunakanlah kain mikrofiber bersih untuk mengeringkan kaca tersebut agar tak ada sisa kotoran yang menempel. 

Jangan lupa bersihkan juga bingkai jendela. Seringkali, ada bekas noda baik dari atap ataupun dari serangga yang hinggap.

Apapun material yang menjadi bahan pembuat bingkai jendela, baik kayu atau logam, pastikan seluruhnya benar-benar kering setelah dibersihkan. 
Kelembapan yang tak teratasi dengan cepat tak hanya bisa membuat material kayu berjamur, namun juga membuat material logam rentan terkena karat. 


sumber: kompas.com

LOGIN