Kawasan Ekonomi Khusus di Jawa Masih Menjadi Favorit Investor
Posted: 2022-04-27

Kawasan industri yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) wilayah Indonesia bagian barat, khususnya Pulau Jawa ternyata masih menjadi favorit para investor untuk menanamkan modalnya. 

Director of Industrial & Logistics Services Colliers Indonesia, Rivan Munansa menyevutkan KEK yang terletak di Pulau Jawa memiliki potensi besar. 

"Kawasan industri di KEK saat ini berpusat di pulau Jawa, terutama di bagian barat. Investasi di Jawa tampaknya memiliki yang potensi besar,” jelas Rivan.

Operasional KEK di Pulau Jawa maupun daerah lainnya, dapat mendorong pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan iklim investasi Indonesia.

Sebagian besar kegoatan industri KEK yang terletak di Pulau Jawa, adalah industri otomotif dan logam. Sementara itu KEK yang melibatkan industri energi, petrokimia dan kimia biasanya berada di pulau Sumatera dan Jawa. Adapaun KEK dengan kegiatan usaha logistik, tersebar nyaris di seluruh wilayah Indonesia yakni, di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. 

Menurut Rivan, berinvestasi di KEK akan memeberi keuntungan bagi investor terlebih karena adanya insentif yang diberikan oleh pemerintah.

“Adanya insentif yang diberikan oleh pemerintah untuk investor adalah keuntungan. Insentif yang menarik, bertujuan untuk mendorong dan ciptakan investasi yang menguntungkan iklim, terutama untuk investor asing,” pungkas Rivan.


sumber: bisnis.com

LOGIN