Verawati Gosal: Perempuan Sukses Dalam Properti
Posted: 2018-06-04

Apa yang Anda bayangkan ketika seseorang bekerja dalam dunia properti? Rata-rata akan  membayangkan seorang laki-laki yang memakai jas rapih sedang berbicara tentang properti. Segelintir orang yang akan membayangkan sosok perempuan. Sekarang zaman sudah berubah tidak seperti di zaman Kartini, yang pada zaman itu wanita hanya bisa bermimpi untuk memiliki kehidupan layaknya seorang laki-laki. Dengan zaman yang semakin maju pemikiran lebih terbuka sehingga perempuan dapat  bermimpi yang sama dengan laki-laki. Mimpi ini juga ada dalam diri seorang marketing properti dari timur Indonesia yang terletak di Makasar. Bermimpi untuk menjadi terbaik dalam keluarga dan karirnya. Verawati Gosal, telah mencapai penghargaan tertinggi dari Century 21 Indonesia sebagai Top #1 Marketing Associate di Indonesia.

Dunia properti yang lebih terkesan “maskulin” tentunya membuat perempuan sedikit minder. Verawati Gosal membagikan pemikirannya tentang hal ini “Waktu awal saya memulai karir sebagai marketing,  pemikiran saya terhadap pekerjaan ini adalah laki-laki memiliki ruang gerak yang lebih banyak contoh kecilnya adalah laki-laki bisa mengajak klien untuk duduk ngopi berdua karena mereka sah-sah aja tapi seorang wanita dengan klien pria tidak bisa ngopi berdua membicarakan bisnis karena akan adanya omongan tidak baik”. Disisi inilah yang membuat Verawati bertanya tentang persepsi perempuan bergelut dalam bidang properti.

Dengan pemikirannya yang hanya itu saja tentu  tidak akan menghadirkan kesuksesan kepada  Verawati Gosal tapi pertanyaan-pertanyaan dalam pemikirannya yang membuat inovasi tentang perempuan sehingga membuatnya menjadi  tangguh. Kemudian tercetus pemikiran Vera  seperti ini “Pelayanan menjadi kunci utama agar klien bisa terus memiliki hubungan bisnis yang baik. Contohnya, ketika ada buyer yang ingin melihat properti, Vera bantu bersihkan dulu rumahnya, memberikan informasi data dan data pembanding mengenai properti dan juga membantu melakukan pembayaran”. Hal-hal terkesan kecil tapi membawa prestasi menjadi Top #1 Marketing Associate Century 21 di Indonesia.

Inilah yang memberikan pandangan baru tentang perempuan, bahwa perempuan bisa sukses sebagai marketing properti seperti Verawati Gosal dan marketing perempuan lainnya. “Kita, perempuan memiliki tangan, mata, dan kaki yang lengkap sama dengan laki-laki, kita juga akan sama suksesnya dengan laki-laki yang bisa melakukan transaksi banyak” ujar Verawati. Peran perempuan zaman sekarang lebih luas dari yang dibayangkan, mereka lebih tangguh dalam emosi dan pemikiran. Perempuan juga bisa membuat bidang properti yang terkenal “maskulin” jadi lebih memiliki warna. Seperti Kartini yang telah merubah stigma masyarakat bahwa perempuan hanya bisa dikotakkan. Verawati Gosal menjadi salah satu contoh perubahan tentang peran perempuan yang  berhasil dalam dunia bisnis broker properti. AF

LOGIN