Wajah Baru Bekasi, Kondisi Properti ikut Merangkak Naik
Posted: 2017-07-10

Jika kita melihat beberapa tahun lalu, Bekasi terkenal dengan kawasan industri yang dipenuhi oleh truk besar yang lalu-lalang. Akses transportasi umum  terbilang cukup sulit. Tetapi Lain dulu lain sekarang. Bekasi sekarang menjadi salah satu kawasan potensial yang menarik perhatian para investor, developer bahkan end-user untuk mendapatkan properti yang diinginkan dengan kisaran harga yang masih murah. Century 21 Metro Group merasakan dampak positif dari perubahan kawasan ini. Yohan Yan selaku Deputy Member Broker Century 21 Metro Group merasakan perubahan yang signifikan yang berdampak secara langsung akhibat perkembangan kawasan ini.

Untuk pembahasan lebih mendalam redaksi Century 21 News berbincang langsung dengan Yohan dan berikut ringkasan percakapan

1. Apa alasan Anda memilih berbisnis di bidang properti?

Peluang berbisnis dalam dunia properti ini sangat besar. Kita bukan hanya jadi konsultan tapi peluang besar menjadi spekulan, investor broker, pedagang properti, bahkan bisa juga jadi developer. Bisnis ini sangat mempengaruhi komponen perekonomian, dan terkait dengan komponen pendukung lainnya seperti semen, batu-bata, tanah sehingga bisnis ini tidak akan mati.

Sebelum terjun di bidang properti, saya pengusaha di percetakan dan design grafis khususnya penyediadaan promosi bidang farmasi. Saya juga punya toko HP dan sekaligus menjadi marketingnya. Tahun 1998 Saya belajar dan mulai berkenalan dengan dunia marketing, dan ternyata kinerja saya meningkat. Setelah mengikuti seminar keuangan, saya merasa diteguhkan untuk fokus pada bisnis properti. Sehingga tahun 2010 keinginan saya terealisasi dengan join sebagai marketing di Century 21 Metro, Bekasi. Bisnis yang saya geluti selama bertahun-tahun saya tinggalkan dan dengan tekat dan semangat memasuki dunia properti. Saya sadari bahwa bidang properti merupakan passion saya.

2. Usaha dan prestasi apa yang dilakukan hingga sampai saat ini  menjabat menjadi Deputy MB?

Dari awal bergabung hingga sampai saat ini sudah tahun ke-7 banyak pencapaian yang saya dapatkan. Semua tidak lepas dari semangat dan usaha. Dahulu kawasan Bekasi ini trafficnya tidak bagus, tetapi karena Saya tidak pernah menyerah saya melakukan berbagai cara. Saya beriklan di Website disamping walkin dan callin, disamping itu saya selalu belajar dari Senior, dari agent-agent kantor lain sehingga awal saya banyak closing dari Co-broking. Belajar dari senior selama hampir 3 tahun membuat saya semakin percaya diri untuk mencapai target baru dan mulai menabah listing.

Prestasi pertama saya dapatkan dari TOP 5 co-broking karena awal karir saya selalu bekerjasama dengan kantor lain. Setelah dapat penghargaan jenjang karir saya naik sebagai associates manager bintang 2.Pencapaian penjualan tiap bulan menjadi TOP 1 by PC di kantor selama setahun berturut-turut, tahun kedua naik ke bintang 3. Di penghargaan Mid Year Award pencapaian saya ranking 6,7 dan Dream Team Award rangking 10. Tahun ke 3 saya naik menjadi Master Bronze hingga tahun 2013 saya diangkat sampai sekarang. Semua yang saya capai butuh kerja keras, dan semangat.

3. Tantangan apa yang sering dihadapi?

Saat ini kantor Century 21 Metro Group semakin berkembang dengan total marketing kita sampai saat ini mencapai 150 MA. Semakin besar kantor semakin banyak tantangan dan gesekan yang terjadi. Tetapi Saya selalu bilang ke teman-teman bahwa gesekan baik untuk proses pengenalan dan pembelajaran. Sehingga cari solusi bersama. Karena ada interaksi pasti ada gesekan dan penyelesaiannya dibicarakan untuk mencari solusi.

Sejalan dengan perkembangan digital yang semakin cepat, maka program kantor kami mengadakan seminar/ workshop agar setiap marketing melek tehknologi, minimal marketing mau tidak mau belajar untuk menggunakan tehknologi guna mendukung penjualan mereka menggunakan web, sosial media dan apps yang akan direalease oleh kantor pusat. Saya menyebut Marketing sebagai konsultan properti dimana harus memiliki knowledge, skill dan professional menyesuaikan dengan perkembangan.

4. Bagaimana prospek Bekasi kedepan dan strategi yang dilakukan?

Saat ini Bekasi memberikan akses yang baru bahkan berskala internasional. Kita juga bisa melihat infrastruktur sedang digelakkan. Jika dilihat dari sayap kanan raya Bekasi dilihat ada Becakkayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu) tol dari Bekasi ke pusat kota Jakarta. Dari sisi kiri ada tol Cibitung, Cilincing sampai ke Bandara. Akses bertambah banyak, kepadatanpun akan terurai.

Developer besar sudah mulai membangun Mall dan perumahan, dan sarana transportasi seperti LRT, MRT, kereta cepat, busway juga menjadi fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.  Jika melihat kondisi pasar sedang slow down, kita menggeser fokus listing dengan menggeser fokus kepada end user yang mencari properti sekitar 300-1 M. Kita berusaha untuk memperbanyak listing dengan memberikan listing yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

5. Apa Motto Hidup Pak Yohan bisa sampai sukses sampai sekarang ini?

Berangkatlah dari kebenaran. Bisnis seperti ini adalah bisnis kepercayaan, konsumen ingin mendapatkan yang terbaik, cepat dan kualitas yang baik. Untuk mendapatkan yang terbaik harus benar. Moto dari Century 21 Metro yaitu Full heart, Unity, Never Give up (FUN). Bekerja dengan sepenuh hati bukan karena orientasi hanya kepada uang saja. Bekerja dan bergerak bersama dengan visi misi yang sama akan menjadi gaung yang besar. Setiap tantangan dilewati dengan semangat dan pantang menyerah.

LOGIN