TESTIMONI

Sudah banyak kisah sukses tentang anak rantau yang memulai karirnya di Jakarta. Tidak semua orang bisa bertahan untuk meraih mimpi di Jakarta. Ada yang mungkin kembali ke kampungnya karena merasa kalau di desanya dia bisa lebih maju daripada di kota. Tapi, nasib seseorang berbeda tergantung pemikiran individu tersebut. Seperti Yohanes Adam Setiawan atau yang lebih dikenal dengan Adam, berkat kegigihannya sekarang, Adam menjadi salah satu Marketing Associate terbaik di Century 21  Zawa 3.

                Merantau dari kota Surabaya ke Jakarta bukan hal mudah tapi dengan tekad kuat, Adam ingin memulai langkah baru yang lebih baik membuatnya bersemangat untuk menjajaki kehidupannya di Jakarta. Sama sekali tidak mengetahui kota Jakarta dan tidak mempunyai sanak saudara, tidak mengalahkannya. Adam mencari cara untuk bisa memulai karirnya ini. Bertemu dengan salah satu kenalannya di Surabaya mengantarkan Adam untuk memulai karir sebagai Marketing Associate di Century 21  Zawa 3. Tepatnya tahun 2016, menjadi lembaran baru bagi Adam untuk mengenal seluk beluk dunia broker properti. Adam sama sekali tidak tahu menahu tentang dunia broker properti maupun tentang daerah di Jakarta. Tapi, ketidaktahuannya ini yang membuatnya untuk terus belajar dan menggali terus tentang dunia broker properti. Hanya dibutuhkan waktu seminggu ketika bergabung dengan Century 21 Zawa 3 hingga akhirnya Adam pecah telor.

Semangat Adam yang bersungguh-sungguh inilah yang membuatnya jeli dalam melihat peluang.  Langkah pertamanya ketika mengenal dunia broker properti adalah amati dengan baik tentang marketing yang telah berhasil melakukan transaksi contohnya seperti cara  kerja dan untuk memiliki hubungan baik. Semua hal dilakukan untuk mencapai target yang Adam inginkan, seperti melihat properti di salah satu daerah Thamrin diselami setiap sudut properti tersebut baik dari kelebihan dan kekurangan properti tersebut. Setelah, selama seminggu bergabung akhirnya pecah telor, ini yang membuat Adam semakin termotivasi untuk mencapai targetnya apalagi setelah melewati training. Banyak cerita yang tentunya membuat Adam dapat bertahan dalam bisnis ini, seperti bertemu dengan klien yang telah diincar oleh agen properti kawakan tapi hal ini tidak membuatnya getir tapi malah tertantang untuk mendekati klien tersebut.

Setiap pekerjaan tentu ada tantangannya masing-masing tapi kalau Adam tidak bekerja keras mungkin dia tidak akan pernah sampai di titik yang sama dengan rekan-rekannya yang telah sukses. Semua jerih payahnya tidak serta merta datang tapi pembekalan diri dan mengamati peluang itulah kuncinya. Keberanian untuk melangkah ke Jakarta tidak hanya sebuah angan kosong yang dia ciptakan tetapi malah prestasi yang dia torehkan dalam karirnya. Apalagi sekarang Adam telah meraih reward Star Club dan baru saja bepergian ke Dubai. Inilah bukti bahwa kalau Anda berniat dengan bersungguh-sungguh, ulet dan gigih, semua usaha tidak akan membohongi hasil setiap mereka yang tetap berusaha. AF

Posted : 2018-06-04

Apa yang Anda bayangkan ketika seseorang bekerja dalam dunia properti? Rata-rata akan  membayangkan seorang laki-laki yang memakai jas rapih sedang berbicara tentang properti. Segelintir orang yang akan membayangkan sosok perempuan. Sekarang zaman sudah berubah tidak seperti di zaman Kartini, yang pada zaman itu wanita hanya bisa bermimpi untuk memiliki kehidupan layaknya seorang laki-laki. Dengan zaman yang semakin maju pemikiran lebih terbuka sehingga perempuan dapat  bermimpi yang sama dengan laki-laki. Mimpi ini juga ada dalam diri seorang marketing properti dari timur Indonesia yang terletak di Makasar. Bermimpi untuk menjadi terbaik dalam keluarga dan karirnya. Verawati Gosal, telah mencapai penghargaan tertinggi dari Century 21 Indonesia sebagai Top #1 Marketing Associate di Indonesia.

Dunia properti yang lebih terkesan “maskulin” tentunya membuat perempuan sedikit minder. Verawati Gosal membagikan pemikirannya tentang hal ini “Waktu awal saya memulai karir sebagai marketing,  pemikiran saya terhadap pekerjaan ini adalah laki-laki memiliki ruang gerak yang lebih banyak contoh kecilnya adalah laki-laki bisa mengajak klien untuk duduk ngopi berdua karena mereka sah-sah aja tapi seorang wanita dengan klien pria tidak bisa ngopi berdua membicarakan bisnis karena akan adanya omongan tidak baik”. Disisi inilah yang membuat Verawati bertanya tentang persepsi perempuan bergelut dalam bidang properti.

Dengan pemikirannya yang hanya itu saja tentu  tidak akan menghadirkan kesuksesan kepada  Verawati Gosal tapi pertanyaan-pertanyaan dalam pemikirannya yang membuat inovasi tentang perempuan sehingga membuatnya menjadi  tangguh. Kemudian tercetus pemikiran Vera  seperti ini “Pelayanan menjadi kunci utama agar klien bisa terus memiliki hubungan bisnis yang baik. Contohnya, ketika ada buyer yang ingin melihat properti, Vera bantu bersihkan dulu rumahnya, memberikan informasi data dan data pembanding mengenai properti dan juga membantu melakukan pembayaran”. Hal-hal terkesan kecil tapi membawa prestasi menjadi Top #1 Marketing Associate Century 21 di Indonesia.

Inilah yang memberikan pandangan baru tentang perempuan, bahwa perempuan bisa sukses sebagai marketing properti seperti Verawati Gosal dan marketing perempuan lainnya. “Kita, perempuan memiliki tangan, mata, dan kaki yang lengkap sama dengan laki-laki, kita juga akan sama suksesnya dengan laki-laki yang bisa melakukan transaksi banyak” ujar Verawati. Peran perempuan zaman sekarang lebih luas dari yang dibayangkan, mereka lebih tangguh dalam emosi dan pemikiran. Perempuan juga bisa membuat bidang properti yang terkenal “maskulin” jadi lebih memiliki warna. Seperti Kartini yang telah merubah stigma masyarakat bahwa perempuan hanya bisa dikotakkan. Verawati Gosal menjadi salah satu contoh perubahan tentang peran perempuan yang  berhasil dalam dunia bisnis broker properti. AF

Posted : 2018-06-04

Customer adalah raja. Istilah ini sering diungkapkan jika profesi kita berhubungan dengan pihak yang akan menggunakan produk/ jasa kita. Khususnya dalam jual - beli properti, konsumen menjadi kunci keberhasilan. Peran kita sebagai agent properti menjadi jembatan para buyer untuk mendapat informasi akan kebutuhan properti yang dicari ataupun yang akan diinvestasikan. Peran Endang Kumalarasi selaku Top Agent yang berada di bawah naungan Century 21 Prima Arcade tidak perlu diragukan lagi berbagai prestasi sudah pasti didapatkan dari tahun ke tahun. Hal ini tidak pernah lepas dari kerja keras, kemauan yang gigih, dan selalu berusaha dan yang paling penting hubungan baik dengan konsumen.

Jika dilihat dari prestasi yang dicapai sampai saat ini, Endang tidak lepas dari peran dan kerjasama dari pihak konsumen maupun bank. Bukan hanya sekedar menjual, Endang memperlakukan setiap konsumen sebagai “raja” dimanapun dan transaksi apapun beliau pasti memberikan pelayanan maksimal. Bukan sekedar melakukan transaksi lalu selesai, tetapi Endang berusaha menjawab kebutuhan konsumen sesulit apapun.

“Bekerjasama dengan Bu Endang berbeda dengan agent lainnya, Bu Endang menguasai secara detail yang dimana agent lain tidak paham. Beliau mengerti karakter setiap konsumen, sehingga meskipun mendapat kendala yang sulit sekalipun, pasti Bu Endang bisa mencari jalan keluar dengan koordinasi yang baik dari pihak bank maupun bu Endang sama-sama mencari solusi yang akhirnya akan menguntungkan saya pihak bank maupun Bu Endang. Yang Saya salut, Bu Endang tidak pernah lupa dengan keluarga, pekerja keras tetapi juga ibu rumah tangga yang  sangat memperhatikan kebutuhan anak-anak dan keluarga. Patut dicontoh”, Ungkap Tania selaku Manager Relations CIMB Niaga.

Kesuksesan Endang sampai saat ini juga tidak lepas dari kepuasan konsumen yang bukan hanya satu, tapi beberapa konsumen yang setia untuk mempercayakan transaksi – investasinya berulang kali ke Endang.

Ir. Heru adalah seorang pengusaha yang sudah menjadi loyal customer yang merasakan adanya chemistry yang tidak bisa ditemukan oleh agent lainnya. Beliau menilai kinerja Endang dinilai ekstraordinary.  Sempat mengalami berbagai kekecewaan yang didapatkan dari agent lain memberikan pertimbangan untuk lebih berhati-hati menggunakan jasa Agent properti. Tetapi Endang mampu mengubah cara pandang pengusaha ini. “Saya memiliki kesamaan cara pandang dan visi dengan bu Endang, dimana tidak hanya memberikan informasi lengkap yang tidak ditutup-tutupi, beliau bisa memberikan advice untuk menentukan tindakan untuk investasi yang harganya tidak kecil”, jelas Heru.

Dari sisi developer sangat terbantukan dengan adanya peran Endang dalam membantu pemasaran dan penjualan proyek-proyek yang ingin dijual. Ricardo selaku konsumen yang berprofesi sebagai arsitek dan juga developer yang awalnya dikenalkan oleh temannya saat ingin mencari rumah di Bintaro.

Dari perkenalan itu membawa keberuntungan buat Ricardo, karena awal pertemuan menghasilkan transaksi selanjutnya, dimana saya mempercayakan rumah-rumah yang saya beli, direnovasi dan dijual kembali oleh beliau. “Kecepatan kerja saya akui oke banget! Bu Endang tidak kenal waktu, weekendpun dia tetap follow-up untuk follow-up buyer”, tambahnya. Karakter yang kuat, negosiasi yang baik dengan keahlian khusus yang hanya dimiliki Bu Endang membuat Ricardo tidak salah untuk bekerja sama dengan Endang.

Setiap kerja keras dan komitm pasti akan mebuahkan hasil yang baik. Hal ini jelas tergambarkan dari usaha Endang yang memulai karir dari nol hingga sampai saat ini kesuksesannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Proses tidak selamanya mudah, asal ada kemauan dan pantang menyerah, pasti semua bisa. Kesetiaan konsumen akan komitmen Endang memprioritaskan kepentingan konsumen untuk mendapatkan apa yang diharapkan konsumen secara tepat dan lengkap menjadikan sosok Endang menjadi seorang Ibu yang sukses.

 

 

Posted : 2018-06-04

Peluang selalu datang dimana saja dan kapan saja.Kurangnya agent properti yang ada di bagian timur Jakarta menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Margo Khusiono, selalu Member Broker Century 21 Prioritas untuk mengembangkan bisnis properti kawasan ini. Meskipun perkembangan properti di daerah ini tidak melejit pesat seperti properti di kawasan Jakarta lainnya, Margo optimis bahwa arah timur akan terus berkembang. Memulai karir dari bawah dengan menjadi sales menjadi modal Pak Margo mengembangkan diri untuk melakukan perubahan sampai akhirnya mengelolah kantor sendiri.

Mengawali karir di tahun 2000 sebagai sales door-to-door menjadi perjalanan awal berkenalan dengan dunia sales. Bagi Margo tidak pernah kehabisan cara untuk bisa mencapai target. Bahkan Margo pernah merasakan pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Saat ingin walk-in ke rumah konsumen pernah dikejar-kejar anjing di sukajadi, Bandung. Tapi hal ini sama sekali tidak membuat kapok. Margo bekerja dari sales sampai dipercayakan untuk manage kantor di salah satu agent properti. Keberuntungan berpihak kepadanya, dimana kantor yang dipercayakan tadinya hampir tutup berubah total. Berkat kerja keras dan keuletan, Margo berhasil meningkatkan omset kantor meningkat hingga 200%. Asalkan berusaha semua bisa tercapai, hingga Margo memutuskan untuk membuka kantor sendiri dibawah naungan Century 21 yang berlokasi di kawasan Jakarta Timur.

Pilihan mengawali bisnisnya di bawah bendera Ciputra menjadi pilihan tepat. Melihat dari Visi-Misi  Bapak Ciputra sejalan dengan Misi yang dimiliki Margo yaitu berusaha untuk menciptakan entrepreneur. Marketing associates diharapkan dapat menjadi entrepreneur yang berhasil, bukan hanya di lingkup kecil tetapi sampai menjadi konsultan properti handal. Keberadaan Brand Century 21 tidak perlu diragukan, karena selain berada di bawah naungan Ciputra Group, Century 21 sendiri berasal dari negara adikarsa Amerika yang sudah tersebar di seluruh dunia. Sistem C21online mendukung kinerja para MA, dan Training Create yang sangat membantu para marketing untuk lebih memahami dunia properti.

Margopun tidak lepas dari perkembangan teknologi. Beliau menerapkan agar setiap marketing melek teknologi, karena perkembangan teknologi tidak pernah berhenti dan para marketing wajib mempelajarinya dengan adanya pelatihan khusus. Margo memanfaatkan media sosial guna mendukung kegiatan internal maupun aktivitas jual-beli. Kesadaraan bahwa semua orang membutuhkan informasi yang cepat yang bisa di dapat dengan memanfaatkan tehknologi melalui internet. Beriklan di media cetakpun tidak ditinggalkan, hanya saja porsinya dikurangkan dan lebih difokuskan untuk beriklan di dunia digital. Semua usaha dilakukan guna meningkatkan transaksi di Century 21 Prioritas.

Harapan terbesar yang saat ini ingin dicapai untuk internal yaitu agar prestasi kantor masuk dalam TOP 10 Office serta minimal 5 Marketing Associates bisa naik pangung dalam Annual Award and Recognition 2017 yang diselenggarakan oleh Century 21. Harapan untuk eksternal bisa memberikan manfaat dan menjawab kebutuhan baik untuk customer, buyer maupun investor yang bertransaksi dengan Century 21 Prioritas.

Perubahan akan selalu terjadi, tinggal bagaimana kita mengejar dengan berbagai usaha agar menjadi marketing yang lebih up-date, lebih semangat untuk mencapai target dan sama-sama membuat kantor lebih maju. Salam sukses!

 

“Manusia yang berguna adalah manusia yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain”

Peluang selalu datang dimana saja dan kapan saja.Kurangnya agent properti yang ada di bagian timur Jakarta menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Margo Khusiono, selalu Member Broker Century 21 Prioritas untuk mengembangkan bisnis properti kawasan ini. Meskipun perkembangan properti di daerah ini tidak melejit pesat seperti properti di kawasan Jakarta lainnya, Margo optimis bahwa arah timur akan terus berkembang. Memulai karir dari bawah dengan menjadi sales menjadi modal Pak Margo mengembangkan diri untuk melakukan perubahan sampai akhirnya mengelolah kantor sendiri.

Mengawali karir di tahun 2000 sebagai sales door-to-door menjadi perjalanan awal berkenalan dengan dunia sales. Bagi Margo tidak pernah kehabisan cara untuk bisa mencapai target. Bahkan Margo pernah merasakan pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Saat ingin walk-in ke rumah konsumen pernah dikejar-kejar anjing di sukajadi, Bandung. Tapi hal ini sama sekali tidak membuat kapok. Margo bekerja dari sales sampai dipercayakan untuk manage kantor di salah satu agent properti. Keberuntungan berpihak kepadanya, dimana kantor yang dipercayakan tadinya hampir tutup berubah total. Berkat kerja keras dan keuletan, Margo berhasil meningkatkan omset kantor meningkat hingga 200%. Asalkan berusaha semua bisa tercapai, hingga Margo memutuskan untuk membuka kantor sendiri dibawah naungan Century 21 yang berlokasi di kawasan Jakarta Timur.

Pilihan mengawali bisnisnya di bawah bendera Ciputra menjadi pilihan tepat. Melihat dari Visi-Misi  Bapak Ciputra sejalan dengan Misi yang dimiliki Margo yaitu berusaha untuk menciptakan entrepreneur. Marketing associates diharapkan dapat menjadi entrepreneur yang berhasil, bukan hanya di lingkup kecil tetapi sampai menjadi konsultan properti handal. Keberadaan Brand Century 21 tidak perlu diragukan, karena selain berada di bawah naungan Ciputra Group, Century 21 sendiri berasal dari negara adikarsa Amerika yang sudah tersebar di seluruh dunia. Sistem C21online mendukung kinerja para MA, dan Training Create yang sangat membantu para marketing untuk lebih memahami dunia properti.

Margopun tidak lepas dari perkembangan teknologi. Beliau menerapkan agar setiap marketing melek teknologi, karena perkembangan teknologi tidak pernah berhenti dan para marketing wajib mempelajarinya dengan adanya pelatihan khusus. Margo memanfaatkan media sosial guna mendukung kegiatan internal maupun aktivitas jual-beli. Kesadaraan bahwa semua orang membutuhkan informasi yang cepat yang bisa di dapat dengan memanfaatkan tehknologi melalui internet. Beriklan di media cetakpun tidak ditinggalkan, hanya saja porsinya dikurangkan dan lebih difokuskan untuk beriklan di dunia digital. Semua usaha dilakukan guna meningkatkan transaksi di Century 21 Prioritas.

Harapan terbesar yang saat ini ingin dicapai untuk internal yaitu agar prestasi kantor masuk dalam TOP 10 Office serta minimal 5 Marketing Associates bisa naik pangung dalam Annual Award and Recognition 2017 yang diselenggarakan oleh Century 21. Harapan untuk eksternal bisa memberikan manfaat dan menjawab kebutuhan baik untuk customer, buyer maupun investor yang bertransaksi dengan Century 21 Prioritas.

Perubahan akan selalu terjadi, tinggal bagaimana kita mengejar dengan berbagai usaha agar menjadi marketing yang lebih up-date, lebih semangat untuk mencapai target dan sama-sama membuat kantor lebih maju. Salam sukses!

 

“Manusia yang berguna adalah manusia yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain”

Posted : 2017-09-14

Century 21 Gading Boulevard selama kurang dari dua tahun telah mencetak beberapa prestasi pencapaian kantor. Beroperasi sejak 3 Agustus 2015, kantor yang berlokasi di kawasan Kelapa Gading ini  percaya dengan bekerja dibawah naungan Ciputra Group, Bapak Yopie Hori selaku Member Broker sangat percaya diri dengan berbisnis properti yang menjanjikan akan mendapatkan income limit yang tidak terbatas.

Pak Yopie yakin dengan adanya kekompakan dari para marketing menjadi kunci utama kantor Century 21 Gading Boulevard untuk dapat berkembang, bekerja dan mencapai tujuan bersama. “Setiap tahun pastinya kami akan memberikan reward kepada marketing yang berprestasi dalam acara Annual Office Award dimana bulan Januari ini mulai diadakan. Dan award ini akan diadakan secara rutin dengan tujuan selain membangkitkan semangat kerja, juga diharpakan para marketing terpacu untuk berkompetisi secara positif”, jelas Pak Wegi Yanto selaku wakil MB.

Prestasi yang telah dicapai Century 21 Gading Boulevard seperti ToP 21 Office National peringkat ke-6, Top Office GCC Region 1 peringkat ke-6, The Fastest Growing Office 2016 dalam Annual Award and Recognition yang diadakan oleh Century 21 didapat dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun. Target tahun ini, Pak Yopie akan membuka kantor baru yang rencananya akan berlokasi di Mall of Indonesia.

Meskipun ada kendala secara global dari ketergantungan kodisi situasi politik dan ekonomi yang masih melemah dan berdampak langsung pada bisnis properti, Pak Yopi berharap di tahun 2017 situasi semakin membaik, para developer kembali untuk membangun project agar bisa bekerjasama untuk pemasaran khususnya penjualan primary.

Sampai saat ini ada sekitar 30 Marketing Associates yang aktif, dan Century 21 Gading Boulevard membuka kesempatan bagi jiwa muda yang mempunyai passion bekerja untuk mendapatkan income limit yang tidak terbatas. Dengan memberikan peluang ini, diharapkan bisa memberikan lapangan pekerjaan, berkembang bersama untuk dapat memberikan pelayanan jasa yang terbaik kepada konsumen.

Posted : 2017-07-11

Jika kita melihat beberapa tahun lalu, Bekasi terkenal dengan kawasan industri yang dipenuhi oleh truk besar yang lalu-lalang. Akses transportasi umum  terbilang cukup sulit. Tetapi Lain dulu lain sekarang. Bekasi sekarang menjadi salah satu kawasan potensial yang menarik perhatian para investor, developer bahkan end-user untuk mendapatkan properti yang diinginkan dengan kisaran harga yang masih murah. Century 21 Metro Group merasakan dampak positif dari perubahan kawasan ini. Yohan Yan selaku Deputy Member Broker Century 21 Metro Group merasakan perubahan yang signifikan yang berdampak secara langsung akhibat perkembangan kawasan ini.

Untuk pembahasan lebih mendalam redaksi Century 21 News berbincang langsung dengan Yohan dan berikut ringkasan percakapan

1. Apa alasan Anda memilih berbisnis di bidang properti?

Peluang berbisnis dalam dunia properti ini sangat besar. Kita bukan hanya jadi konsultan tapi peluang besar menjadi spekulan, investor broker, pedagang properti, bahkan bisa juga jadi developer. Bisnis ini sangat mempengaruhi komponen perekonomian, dan terkait dengan komponen pendukung lainnya seperti semen, batu-bata, tanah sehingga bisnis ini tidak akan mati.

Sebelum terjun di bidang properti, saya pengusaha di percetakan dan design grafis khususnya penyediadaan promosi bidang farmasi. Saya juga punya toko HP dan sekaligus menjadi marketingnya. Tahun 1998 Saya belajar dan mulai berkenalan dengan dunia marketing, dan ternyata kinerja saya meningkat. Setelah mengikuti seminar keuangan, saya merasa diteguhkan untuk fokus pada bisnis properti. Sehingga tahun 2010 keinginan saya terealisasi dengan join sebagai marketing di Century 21 Metro, Bekasi. Bisnis yang saya geluti selama bertahun-tahun saya tinggalkan dan dengan tekat dan semangat memasuki dunia properti. Saya sadari bahwa bidang properti merupakan passion saya.

2. Usaha dan prestasi apa yang dilakukan hingga sampai saat ini  menjabat menjadi Deputy MB?

Dari awal bergabung hingga sampai saat ini sudah tahun ke-7 banyak pencapaian yang saya dapatkan. Semua tidak lepas dari semangat dan usaha. Dahulu kawasan Bekasi ini trafficnya tidak bagus, tetapi karena Saya tidak pernah menyerah saya melakukan berbagai cara. Saya beriklan di Website disamping walkin dan callin, disamping itu saya selalu belajar dari Senior, dari agent-agent kantor lain sehingga awal saya banyak closing dari Co-broking. Belajar dari senior selama hampir 3 tahun membuat saya semakin percaya diri untuk mencapai target baru dan mulai menabah listing.

Prestasi pertama saya dapatkan dari TOP 5 co-broking karena awal karir saya selalu bekerjasama dengan kantor lain. Setelah dapat penghargaan jenjang karir saya naik sebagai associates manager bintang 2.Pencapaian penjualan tiap bulan menjadi TOP 1 by PC di kantor selama setahun berturut-turut, tahun kedua naik ke bintang 3. Di penghargaan Mid Year Award pencapaian saya ranking 6,7 dan Dream Team Award rangking 10. Tahun ke 3 saya naik menjadi Master Bronze hingga tahun 2013 saya diangkat sampai sekarang. Semua yang saya capai butuh kerja keras, dan semangat.

3. Tantangan apa yang sering dihadapi?

Saat ini kantor Century 21 Metro Group semakin berkembang dengan total marketing kita sampai saat ini mencapai 150 MA. Semakin besar kantor semakin banyak tantangan dan gesekan yang terjadi. Tetapi Saya selalu bilang ke teman-teman bahwa gesekan baik untuk proses pengenalan dan pembelajaran. Sehingga cari solusi bersama. Karena ada interaksi pasti ada gesekan dan penyelesaiannya dibicarakan untuk mencari solusi.

Sejalan dengan perkembangan digital yang semakin cepat, maka program kantor kami mengadakan seminar/ workshop agar setiap marketing melek tehknologi, minimal marketing mau tidak mau belajar untuk menggunakan tehknologi guna mendukung penjualan mereka menggunakan web, sosial media dan apps yang akan direalease oleh kantor pusat. Saya menyebut Marketing sebagai konsultan properti dimana harus memiliki knowledge, skill dan professional menyesuaikan dengan perkembangan.

4. Bagaimana prospek Bekasi kedepan dan strategi yang dilakukan?

Saat ini Bekasi memberikan akses yang baru bahkan berskala internasional. Kita juga bisa melihat infrastruktur sedang digelakkan. Jika dilihat dari sayap kanan raya Bekasi dilihat ada Becakkayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu) tol dari Bekasi ke pusat kota Jakarta. Dari sisi kiri ada tol Cibitung, Cilincing sampai ke Bandara. Akses bertambah banyak, kepadatanpun akan terurai.

Developer besar sudah mulai membangun Mall dan perumahan, dan sarana transportasi seperti LRT, MRT, kereta cepat, busway juga menjadi fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.  Jika melihat kondisi pasar sedang slow down, kita menggeser fokus listing dengan menggeser fokus kepada end user yang mencari properti sekitar 300-1 M. Kita berusaha untuk memperbanyak listing dengan memberikan listing yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

5. Apa Motto Hidup Pak Yohan bisa sampai sukses sampai sekarang ini?

Berangkatlah dari kebenaran. Bisnis seperti ini adalah bisnis kepercayaan, konsumen ingin mendapatkan yang terbaik, cepat dan kualitas yang baik. Untuk mendapatkan yang terbaik harus benar. Moto dari Century 21 Metro yaitu Full heart, Unity, Never Give up (FUN). Bekerja dengan sepenuh hati bukan karena orientasi hanya kepada uang saja. Bekerja dan bergerak bersama dengan visi misi yang sama akan menjadi gaung yang besar. Setiap tantangan dilewati dengan semangat dan pantang menyerah.

Posted : 2017-07-10
LOGIN