LIHAT DAN CIPTAKAN PELUANG DALAM SEMUA KONDISI
Posted: 2017-03-29

Ada pendapat menyatakan bahwa satu hal yang tetap di muka bumi ini adalah “perubahan”. Perubahan akan terus terjadi, baik ke arah yang kita inginkan maupun yang tidak kita harapkan. Baik itu berupa kejadian baik maupun yang tidak baik. Perubahan bisa saja terjadi berupa kejadian yang tidak direncanakan, kejutan bahkan musibah. Semua kondisi lingkungan dan kehidupan kita juga tidak luput dari perubahan tersebut.

Perubahan lingkungan atau kondisi cenderung akan dialami oleh banyak orang. Yang membedakan satu sama lainnya yaitu bagaimana respon yang dilakukan atau apa sikap yang diambil oleh setiap orang dalam menyikapi perubahan yang terjadi. Respon yang paling menarik untuk diamati, dibahas bahkan untuk dicoba untuk ditiru adalah bagaimana melihat peluang dalam setiap perubahan yang terjadi (bahkan menciptakan peluang).

Tanpa kita sadari banyak orang orang disekitar kita bisa melihat peluang dan menciptakan peluang dalam menyikapi perubahan yang terjadi. Contoh kecil adalah para “ojek payung”. Tidak sedikit diantara mereka adalah para pedagang yang berjualan disekitar tempat tersebut, yang secara terpaksa harus berhenti sejenak berjualan karena cuaca hujan.Tapi mereka melihat peluang dari perubahan yang tidak bisa dikendalikan (cuaca hujan) dengan melakukan ojek payung. Atau bisa juga anak-anak yang tadinya niat mau bermain harus mengurungkan niatnya karena cuaca hujan. Dan mereka mereka memutuskan menjadi ojek payung.

Tidak sedikit karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan dan terpaksa memberanikan diri untuk terjun ke dunia entrepreneur. Ternyata keberhasilannya ada setelah memasuki dunia entrepreneur tersebut (bukan di dunia karyawan).Secara terpaksa maupun tidak, peluang tetap ada dan bisa diciptakan dalam semua kondisi.

Ada cerita lain dari seorang sahabat yang akhirnya memiliki sebuah sekolah karna kondisi anaknya yang tidak diterima di beberapa sekolah yang ada. Kondisi anaknya yang sebenarnya tidak diinginkan bukan hanya dianggap sebagai ujian saja tapi diubah sebagai sebuah peluang.

Bahkan pemilik Virgin Air salah satu tokoh entrepreneur yang dikenal dengan sebutan “entrepreneur gila”. Richard Branson mengawali maskapai yang dimilikinya dari sebuah penerbangannya yang dibatalkan. Kondisi yang tidak diharapkan sekaligus tidak menyenangkan secara langsung tidak bisa dikendalikan tapi tetap disikapi dengan positif bahkan menjadikan sebuah peluang.

Kalau kita kembalikan ke bisnis kita sekarang, ada sebuah perubahan yang cukup menyeluruh yaitu Amnesti Pajak (Tax Amnesti). Kebijakan ini berlaku untuk banyak orang (seluruh WNI) tapi mungkin hanya  akan ada beberapa orang saja yang melihat dan menjadikan kondisi ini sebagai sebuah peluang.

Apakah kita sebagai pelaku bisnis property sudah melihat atau mungkin menciptakan peluang dari kondisi (Tax amnesti) ini?

Good Luck and happy selling

LOGIN