Pertumbuhan bisnis broker properti
Posted: 2016-07-18

Sepanjang sejarah pertumbuhan bisnis broker properti dalam industri properti Indonesia, lima tahun 2011-2016 merupakan penanda penting bagi bangkitnya transformasi perilaku pasar nasional kita.

Sejak lahirnya industri broker properti di awal 1990-an menggantikan pola bekerja tradisional, bisnis ini beberapa kali mengalami turbulensi usaha yang kemudian mampu menjadi dewasa setelah melewati beberapa fase kesulitan. Pertama, krisis ekonomi 1998 yang menyeret sebagian besar broker properti yang saat itu baru tumbuh di beberapa kota besar menjadi mati suri. Gairah kembali muncul sejak tahun 2000 untuk kemudian mengalami tekanan ditahun 2004/2005 saat harga minyak nasional naik dua kali setahun. Kebangkitan properti Indonesia begitu kuatnya sepanjang 2005-2008 (jeda sebentar karena kekhawatiran domino krisis sub-prime Amerika) tiba2 membawa bisnis broker properti Indonesia mencapai puncak terbaiknya sepanjang 20 tahun di paruh kedua 2009 sampai sekarang. Kedua, kepercayaan publik yang begitu antusias menerima kahadiran broker properti sebagai mitra dalam memilih properti terbaik telah semakin tinggi.

Pertumbuhan yang mencengangkan Century21 Indonesia terjadi pasca stagnansi singkat properti Indonesia di 2008/2009 tersebut. peningkatan usaha dicapai rata-rata 44% per tahun dan hampir semua franchisee membukukan transaksi yang begitu impresif. Diluar pasar utama Jabodetabek yang memang sangat stabil, pertumbuhan tertinggi justru nampak di luar Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera. Bisnis broker properti telah memasuki segmen baru pada wilayah yang tidak lagi kota-kota besar Jawa.

Paradigma dan pola operasi bisnis broker properti dalam industri properti Indonesia telah mencapai tingkat akseptabilitas publik yang begitu menyebar. Dalam bisnis Century21 Indonesia hal ini terbentuk karena beberapa hal. 

1. Hamparan ranah teknologi informasi benar2 telah mampu membentuk public opinion yang dahsyat. Dunia properti Indonesia telah berada dalam lingkaran kuat permainan opini publik melalui gadget-gadget yang semakin canggih, murah, manfaat dan user friendly. 

2.Kejujuran informasi yang disampaikan oleh setiap agen pemasaran Century21 yang terlatih baik telah menciptakan suasana investasi/divestasi properti yang kondusif bagi pengembangan pasar dan citra positif " membeli lewat agen". 

3. Strategi bisnis Century21 Indonesia yang jitu dimanavsejak awal kami selalu menempatkan setiap kantor sebagai bagian integral dari komunitas.Bisnis Century21 adalah bisnis jasa unggul yang sangat community centered.

Gairah memanfaatkan jasa broker properti Century 21 dalam gerakan besar menumbuhkan bisnis properti Indonesia pada akhirnya meretaskan situasi "win-win interest" antara kami dengan konsumen properti Indonesia. Inilah yang menjadi kata kunci utama dimana konsumen menempatkan pilihan menggunakan jasa Century21 karena persepsi publik sama dengan service level kami kepada masyarakat. kami telah tumbuh ditengah komunitas dan memilikinkepentingan yang sama dengan masyarakat untuk menemukan solusi investasi terbaik properti yang menjadi idaman.

LOGIN