Co-working Space, Fun Working Space!
Posted: 2018-09-27

      Teknologi menjadi sebuah kebutuhan yang sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu dalam melakukan kegiatan pekerjaan, dirumah atau hal mudah seperti mengirimkan pesan kepada orang terdekat. Ini juga yang menjadi dampak yang positif ke beberapa aspek salah satunya adalah kebutuhan untuk mendapatkan tempat bekerja. Bekerja membutuhkan ruangan yang tentunya menjadikan kegiatan kita lebih profuktif dan maksimal dibandingkan dirumah. Industri properti saat ini bukan hanya urusan rumah saja tapi seperti gedung perkantoran juga yang menjadi salah satu yang sering dicari oleh pelaku bisnis. Properti ini terus berkembang apalagi melihat harga penyewaan di beberapa kota besar Indonesia mulai meningkat. Tidak seperti dulu yang dimana melakukan pekerjaan dibutuhkan tempat yang besar. Sekarang, semua bisa dilakukan dalam ruangan yang bisa dipakai bersama. Apa itu?  

Co­-working space, tempat ini menjadi trend yang mendunia. Pertama kali co-working space muncul di Jerman sebagai sebuah solusi untuk membangun kerjasama pelaku start-up dalam teknologi untuk mengembangkan produk mereka. Hingga akhirnya tren ini terus menjamur bukan hanya untuk start up tapi bisa untuk freelancer, pelaku bisnis kreatif, komunitas ataupun wirausaha. Tempatnya yang terkesan santai dan murah di kantong menjadikannya pilihan yang tepat untuk generasi millenial.

             Di berbagai pemberitaan media, generasi millenial menjadi salah satu topik yang selalu hangat. Generasi ini lahir dimana pertumbuhan teknologi sedang berkembang hingga menjadi pesat saat ini. Generasi ini menjadi lebih bebas untuk menentukan pilihan variasi pekerjaan yang lebih banyak dibandingkandengan generasi sebelumnya. Ini juga berpengaruh terhadap lingkungan mereka. Cenderung untuk melakukan inovasi dan kreatif dalam membangun hubungan profesional. Karena itu mereka senang dengan melakukan diskusi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

            Selain itu, generasi millenial juga lebih mandiri dan berani untuk mengambil keputusan karena mereka memiliki nilai optimis yang lebih tinggi. Selain itu, generasi millenial memiliki kecenderungan untuk berdiskusi dengan berbagai latar belakang yang berbeda untuk mendapatakan solusi. Inilah yang menjadi cikal bakal coworking space. Di Indonesia, coworking space pertama ada di Bandung kemudian merambah ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.

Generasi millenial cenderung memilih tempat ini karena pembiayaannya relatif murah, penggunaan listrik, wi-fi maupun kebutuhan gedung dibagi dengan pemakai co-working space lainnya. Selain itu tersedianya dapur bersama menjadikan tempat ini lebih efisien dan aman di kantong. Interaksi dan komunikasi antar pemilik usaha juga menjadi lebih terbuka untuk diadakannya sebuah kolaborasi yang mengarah kepada sebuah masa depan yang lebih baik.

   Co-working space juga biasanya mengajak untuk terjadinya interaksi di komunitas dengan berbagai kegiatan yang dilakukan rutin perbulan sehingga hubungan antara komunitas di co-working space menjadi lebih erat seperti keluarga. Lingkungan ini menjadi lebih leluasa untuk generasi Millenial dalam bekerja. Mereka bisa lebih mengeksplorasi kemampuan mereka dan berkreasi. Mereka juga mendapatkan pengetahuan dan kemampuan baru dari beda-beda latar belakang komunitas. Dengan nilai positif yang diangkatmenjadikan co-working menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja. Let’s having fun at work with co-working space. 

LOGIN