Apa Yang Dimaksud Dengan KPR Part 2
Posted: 2018-04-25

Ketika Anda  telah mengetahui dan mengumpulkan dokumen-dokumen penting  Anda selanjutnya adalah proses analisis risiko kredit dan survey penilaian properti. Kemudian pengajuan KPR Anda diteruskan dengan akad kredit. Jika biaya adminitrasi telah sesuai dan terpenuhi berikutnya adalah:

  1. Pelunasan biaya BPHTB (Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan) sejumlah 5% dari harga jual properti sebelum pajak.
  2. Asuransi Fiducia (asuransi kepemilikan)
  3. Provisi kredit
  4. Asuransi unit properti- biasanya telah ditanggung oleh developer
  5. Biaya notaris untuk pengikatan kredit secara hukum

 

Setelah akad kredit selesai, kemudian bank akan mengalirkan dana kredit rumah Anda yang ditransferkan langsung ke rekening developer. Proses ini memerlukan waktu maksimal 7 hari kerja.  Suku bunga kredit akan dikaji berkala setiap 3 bulan atau 6 bulan. Apabila biaya cicilan KPR telah lunas, bank akan mengeluarkan Surat Pelunasan Utang dan Sertifikat Asli Kepemilikan Unit Properti. Nah, inilah akhir perjalanan dari proses KPR dan Anda telah mendapatkan porperti Anda.

Bagi yang merupakan anggota JAMSOSTEK dapat memanfaatkan program PUMP ( Pinjaman Uang Muka Perumahan). Prosedur, syarat kelayakan dan informasi mengenai PUMP dapat dilihat pada situs web Jamsostek.

Sudah mengetahui alur dan proses KPR. Ketahui juga lebih lanjut tentang jenis-jenis KPR!

LOGIN