Fokus pada Solusi Bukan Masalah
Posted: 2017-10-10

Sukses adalah kata pasti yang selalu ada dari semua keinginan manusia normal. Bahkan mungkin tidak ada yang tidak menginginkan kesuksesan sekalipun takaran sukses di setiap orang bebeda.Namun ada satu hal yang selalu ada dalam kesuksesan yang diinginkan oleh setiap manusia yaitu perubahan kearah yang lebih baik.

Jika seseorang menginginkan kesuksesan dalam financial berarti harus ada perubahan penghasilan menjadi lebih baik.Jika ada yang menginginkan kesuksesan dalam kesehatan, harus ada perubahan kondisi kesehatan menjadi lebih baik.Begitu juga halnya dengan kesuksesan lain yang diinginkan semua orang.

“Sukses adalah perubahan ke arah yang lebih baik”

Dengan demikian kita dapat memahami bahwa sukses bukanlah sebuah tujuan melainkan sebuah proses atau perjalanan hidup dengan perubahan kearah yang lebih baik. Perubahan merupakan suatu hal yang pasti terjadi dalam hidup semua manusia, bahkan ada yang mengatakan : “Satu-satunya yang tetap dalam kehidupan adalah perubahan itu sendiri”.

Mau tidak mau kita akan mengalami perubahan baik secara sadar ataupun tidak sadar. Dalam tulisan sebelumnya saya pernah mengajak untuk memahami perubahan dalam hidup.Kita harus berubah secara sadar, agar kita dapat mengarahkan perubahan hidup kita kearah yang kita inginkan.

Untuk bisa berubah kearah yang lebih baik ada satu cara yang cukup sederhana, yaitu cara pandang dan sikap yang sebenarnya dapat dilakukan oleh semua orang.

Dalam kehidupan sehari-hari akan selalu ada masalah kecil ataupun besar yang dialami oleh setiap orang, setiap kelompok ataupun team kerja. Pada saat perjalanan menuju tempat kerja ataupun aktifitas sehari-hari lainnya, mungkin saja mendapat halangan atau keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan dan rencana kita.

Mungkin kehabisan tiket pada saat ingin menonton film di bioskop.  Ada 2 (dua) cara pandang yang bisa menjadi pilihan kita. Bisa mencari penyebab mengapa kita kehabisan tiket. Mungkin karena datang terlambat dan terus mengarah kepada penyebab mengapa kita terlambat. Mungkin bisa disebabkan karena kita harus menunggu pasangan yang datang terlambat dan bisa berlanjut dengan menyalahkan pasangan kita dan seterusnya.Tanpa kita sadari kita dengan tidak sadar sudah menciptakan masalah baru sementara masalah yang ada belum ada solusi.Atau mungkin kita bisa memikirkan hal apa yang bisa kita lakukan untuk tetap bisa menonton film yang kita inginkan, mungkin dengan mencari jadwal film di jam yang berbeda atau kita dapat mencari di bioskop lain. Kita masih memiliki kemungkinan untuk menjalani hari dengan baik walaupun ada permasalahan.

Dua hal yang sangat berbeda dalam cara pandang dan bersikap terhadap masalah yang sama. Hal ini bisa terjadi dalam semua permasalahan dalam hidup, baik permasalahan kecilmaupun masalah yang sangat serius.Seharusnya kita dapat memilih untuk bersikap dan cara pandang “fokus pada solusi bukan pada masalah”.

Hal sederhana ini bisa membuat kita berubah menjadi lebih baik dalam segala hal, dan tanpa kita sadari kita sudah menjalani kehidupan dengan perubahan kearah yang lebih baik .Dan itu yang kita sebut dengan “Sukses”.

Sudahkah kita berubah kearah yang lebih baik ?

Good Luck and Happy Selling!

Budi Alhuda

LOGIN