Ingin Mengajukan KPR, Perhatikan Dahulu Hal-Hal Penting
Posted: 2017-10-10

Memiliki rumah sudah menjadi hal prioritas bagi masyarakat saat ini, karena rumah merupakan kebutuhan pokok. Seperti kita ketahui saat ini harga rumah semakin melejit, semakin strategis lokasinya dekat dengan pusat perkantoran/kota semakin tinggi harga yang dipasarkan. Sehingga untuk mempunyai rumah yang diinginkan butuhkan dana yang cukup besar bahkan waktu yang cukup untuk bisa membelinya.

Tapi saat ini bank sudah banyak memberikan kemudahan pembayaran untuk dapat membeli rumah yang diingikan melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Beberapa hal harus diperhatikan sebelum akhirnya bisa disetujui oleh bank untuk mendapatkan tempat tinggal yang diinginkan. Beberapa hal harus diketahui sebelum pengajuan KPR, seperti

1.  Kredibilitas bank

Untuk menentukan bank mana yang akan diajukan, sebelumnya lakukan beberapa riset kecil untuk mengumpulkan informasi mengenai bank yang akan diajukan. Bisa dengan melakukan perbandingan beberapa bank untuk mengetahui kelebihan kekuarangan dari bank. Mengetahui kredibilitas dari bank tersebut, karena menggunakan KPR bersifat jangka panjang.

2. Stabilitas suku bunga

Perhitungan suku bunga harus diperhatikan, sehingga bisa diketahui berapa dana yang dibutuhkan khusus untuk pengeluaran untuk rumah. Selain itu bisa mengatur cash flow untuk pengaturan kebutuhan yang lain.

3. Kemudahan proses pengajuan

Kelengkapan data untuk proses pengajuan KPR diperhatikan. Lengkapi data agar memenuhi kebutuhan Bank, seperti KTP, Kartu Keluarga, Bukti Pekerjaan,, Bukti Usaha, Bukti Keuangan, dan lainnya. Supaya cepat disetujui setidaknya pemohon sudah bekerja minimal selama 2 tahun.

4. Biaya administrasi

Selain pembayaran untuk pembelian rumah, dipastikan mendapat informasi lengkap mengenai biaya administrasi yang diperlukan Bank

5. Lama Pengajuan KPR

Pemohon perlu mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan KPR, sehingga mengetahui lebih pasti dan persiapan untuk proses pembayaran. Pada umumnya proses pengajuan memakan waktu 2 minggu sampai 1 bulan.

 

 

 

LOGIN