Quality Time in My Life
Posted: 2017-09-26

Setiap orang memiliki target yang ingin dicapai dalam hidupnya. Berbagai cara dilakukan agar dapat memenuhi apa yang diinginkan. Baik target di pekerjaan, target di kehidupan atau target di keluarga. Beberapa orang dapat mencapai target dalam waktu singkat, ada juga yang memakan waktu cukup lama. Lantas setiap aktivitas yang kita hadapi pasti memiliki dampak, baik itu bersifat postitif ataupun negatif.  Sebenarnya pernahkah Anda sadari aktivitas yang dilakukan selama 1 x 24 jam apakah berjalan secara efektif? Sudahkan Anda selama 1 bulan melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi kemajuan tempat kerja Anda? Apakah kualitas hidup Anda selama 1 tahun semakin meningkat atau malah terjadi penurunan?

Hal yang kelihatannya mendasar ini sering disepelekan oleh banyak orang. Kita sering melakukan hal yang sama setiap hari tanpa berusaha merubah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Padahal tanpa disadari waktu terus berjalan, jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik, dipastikan kedepannya akan ada penyesalan. Untuk itulah perubahan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dalam Office Learning Session (OLS) yang dilaksanakan di Century 21 Prima (25/07) yang dibawakan oleh Tirfan Putera membahas betapa penting kualitas hidup dari tiap-tiap marketing, lepas dari aktivitas jual-beli  atau target yang harus dicapai. Jika mengharapkan perubahan besar khususnya perubahan di kantor, pasti dimulai dengan perubahan kecil yang dilakukan oleh masing-masing individu yang ada di dalamnya.

Secara singkat ada beberapa point mendasar bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas hidup dengan menciptakan momentum. Bagaimana caranya?

Pertama miliki komitmen. Dengan adanya komitmen akan memaksa diri kita untuk tetap pada track (target) yang ingin dicapai. Buatlah hal-hal (list) yang ingin dikerjakan dalam suatu waktu. Misalkan membuat detail list waktu untuk canvasing, call-in, walk-in . Tentukan target bukan hanya untuk jangka pendek tetapi tetapkan target jangka panjang. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya. Berkomitmenlah bukan sekedar masuk dalam list tetapi secara konsisten mengerjakannya step-by-step.

Kedua, Bagilah proses yang lebih mendetail. Jika sebelumnya list yang dibuat bersifat umum, mulai jabarkan lebih rinci kegiatan yang ingin dilakukan. Misalkan hari ini ingin bertemu dengan klien. Buat list detail untuk bertemu jam berapa sampai jam berapa, dimana, jika ada perubahan atau cancel kegiatan lain apa yang akan dilakukan.Hal ini berguna untuk mengisi aktivitas  yang lebih efektif.

Ketiga, fokuslah pada proses. Jangan mengharapkan segala sesuatu dikerjakan secara cepat. Semua pekerjaan atau hasil yang besar membutuhkan proses. Tak banyak dari kita ingin mencapai sesuatu dengan hasil cepat, memudahkan segala cara. Tetapi semua butuh proses. Meskipun melewati berbagai proses, mendapatkan hasil yang besar butuh kegigihan untuk melewati proses dan tidak menyerah pada kondisi. Tetap fokus yang pasti akan membuahkan hasil. Menyerah pada keadaan akan menurunkan kualitas hidup bahkan di dunia kerja.

Perubahan itu tidak mudah, butuh kerja keras, air mata, kesakitan, kepedihan, dan kekecewaan untuk menghadapi perubahan.  Jika Century 21 Prima ingin ada perubahan ke arah yang lebih baik, maka setiap marketing di dalamnya harus siap menerima proses perubahan itu.

Salam dahsyat!!

LOGIN