Kuantitas untuk Kualitas
Posted: 2017-07-25

“High Quality” atau kualitas terbaik merupakan hal yang selalu dicari orang dalam segala aspek kebutuhan. Baik berupa barang atau produk, suasana dan bahkan pelayanan. Baik dalam kehidupan sehari-hari apalagi dalam urusan bisnis. Maka tidak heran jika kualitas menjadi salah satu faktor penting dalam keberlangsungan dan pengembangan bisnis.

Kualitas yang ditawarkan dan diberikan oleh para pelaku bisnis akan dirasakan langsung oleh konsumen. Apapun respon dari konsumen terhadap kualitas tersebut akan diteruskan ke konsumen berikutnya dan begitu seterusnya. Hal inilah yang menyebabkan kualitas yang dirasakan konsumen akan membentuk image konsumen (baik atau buruknya) terhadap suatu produk secara umum.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara kita untuk bisa menghasilkan suatu produk maupun pelayanan yang berkualitas tinggi?

Ada banyak cara yang sudah dipaparkan oleh para expert dan professional diberbagai bidang usaha sebelumnya. Namun dalam kesempatan kali ini Saya ingin mengajak teman-teman pembaca untuk membahas sebuah konsep bagaimana menghasilkan atau mendapatkan sesuatu yang berkualitas tinggi dimulai dari sebuah kuantitas.

Seorang ibu yang belanja buah-buahan di pasar pasti akan memilih buah dengan kualitas terbaik untuk disajikan kepada anggota keluarganya. Metode yang digunakan adalah membolak-balik dan melihat hampir semua pilihan buah-buahan yang ada, membandingkan satu sama lain dan akhirnya akan menentukan yang terbaik dari semua yang dilihat. Semakin banyak yang dilihat dan dibandingkan maka kualitas yang didapatakan cenderung lebih baik.

Seorang pedagang ikan juga demikian dalam menjalankan usahanya. Selalu menginginkan penjualan yang baik (banyak). Dia berusaha untuk memenuhi selera konsumen dengan menghadirkan banyak pilihan jenis ikan segar kepada konsumen. Namun demikian akan selalu ada satu atau dua jenisikan yang lebih laris atau habis duluan disbanding jenis yang lainnya. Itulah jenis ikan yang bisa kita sebut sebagai kualitas barang dagangan terbaik. Kedepannya pedagang ikan tersebut bias menambah jenis ikan tersebut untuk meningkatkan omset penjualannya.

Bahkan dalam sebuah perusahaan besar tetap akan ada divisi khusus untuk pengembangan bisnis yang biasa kita kenal dengan R&D. Divisi ini bertanggung jawab untuk menemukan produk terbaik untuk dilepas ke konsumen. Puluhan atau bahkan mungkin ratusan kali percobaan, ide dan inovasi yang telah dilakukan sebelum satu produk diputuskan untuk diproduksi dan dihadirkan ke konsumen sebagai produk dengan kualitas terbaik.

Dalam semua hal dan bahkan dalam segala bidang kehidupan hal ini terjadi. Termasuk dalam bisnis kita sebagai Marketing Associate (MA) di Century21 Indonesia.Semua hal harus disajikan sebagai hal yang terbaik.

Dari sisi pelayanan ke konsumen, untuk bisa menemukan formula pelayanan yang berkualitas baik dan tinggi tidak hanya dengan memilih dan melakukan satu cara saja. Akan tetapi harus melalui proses dengan melakukan banyak cara dan frekuensi yang besar. Dari kumpulan pengalaman melakukan banyak cara tersebut kita akan menemukan dan menentukan cara yang paling efektif sebagai cara terbaik kita dalam melakukan pelayanan konsumen. Hal inilah yang biasa kita kenal dengan sebutan jam terbang.

Dari sisi listingpun demikian, kita belum bisa menyatakan satu listing kita sebagai listing terbaik yang berkualitas tinggi. Melainkan dari kumpulan puluhan atau mungkin ratusan listing kita bias membandingkan secara data dan respon pasar terhadap listing tersebut.Setelah itu kita dapat menyatakan dan mempresentasikan salah satu atau beberapa listing tersebut sebagai listing berkualitas tinggi. Semakin banyak jumlah listing yang dibandingkan semakin tinggi kualitas yang akan didapat (dengan menggunakan metode perbandingan listing / CMA (Comparative Market Analisys)).

Hal yang sama juga akan dibutuhkan disemua sisi bisnis kita. Poin pertama bias dimulai dari kuantitas atau jumlah yang besar untuk bisa mendapatkan satu hal dengan kualitas terbaik.

Sudahkan kita memenuhi kuantitas yang harus kita miliki untuk bias mendapatkan kualitas terbaik dalam bisnis ini?

Good Luck and happy selling!

LOGIN