Biaya Ekstra Bagi Penghuni Apartemen yang Harus Disiapkan
Posted: 2017-07-12

Bagi penduduk urban saat ini lebih memilih untuk memiliki hunian vertikal di tengah hiruk-pikuk perkotaan. Karena lebih mudah dan efisien dengan kemudahan akses karena berada di tengah kota. Biasanya pengantin muda atau keluarga kecil memilih untuk menetap di apartemen.  Ditengah semakin sedikit lahan untuk hunian tapak, banyak developer membangun hunian vertikal dengan memberikan berbagai kemudahan pembayar agar konsumen tertarik untuk membeli properti yang dibagun. Namun ada beberapa hal yang ternyata wajib diperhatikan jika memilih tinggal di apartemen, Ada biaya tambahan yang perlu diperhatikan dimana tinggal di hunian tapak tidak ditagihkan dibanding tinggal di apartemen.

  1. Biaya service charge (Maintance fee) : biaya keamanan, kebersihan,perawatan gedung dan taman. Biaya ini biasanya perbulan, 3 bulan atau per-tahun. Tergantung luas apartemen yang dihuni.
  2. Biaya tarif bisnis : Biaya listrik, telphone,gas internet untuk di apartement lebih tinggi 20% -30% lebih mahal dibandingkan rumah tapak.
  3. Biaya parkir : Setiap apartement memiliki ketentuan masing-masing untuk dikenakan biaya parkir yang sudah disediakan.
  4. Biaya perpanjang HGB : Status kepemilikan Hak Guna Bangunan berlaku sekitar 25-30 tahun, dan biasanya akan ditagihkan 2 tahun sebelum masa HGB
  5. Biaya Air : Biaya air lebih tinggi dari rumah tapak, tetapi biasanya perbedaannya tidak terlalu jauh.
LOGIN