Bagaimana Caranya Membeli Rumah di Usia 20-an?
Posted: 2017-05-29

Usia muda seringkali dianggap menjadi moment untuk menemukan jati diri. Usia 20-an sering dimanfaatkan untuk mendapatkan hal yang diinginkan seperti berbelanja, jalan-jalan ataupun nongkrong di coffee shop atau cafe. Kebiasaan ini sudah jelas merupakan gaya hidup yang akan menghabiskan dana yang cukup besar.

Saat ini tidak sedikit anak muda yang sadar untuk berinvestasi memiliki rumah pribadi. Lalu bagaimana cara untuk menabung agar dapat membeli rumah di usia muda? Berikut beberapa tips untuk dapat menghemat uang agar dapat mewujudkan rumah idaman.

1. Save 20% from your salary

Keinginan untuk menghamburkan uang sudah harus dihentikan. Karena bagaimanapun keadaanya, seberapa besar gaji yang  didapatkan perbulan diharapkan untuk menyisihkan 20% dari pendapatan untuk ditabung. Caranya pun bisa dengan membuat rekening baru yang terpisah dengan rekening harian, atau dengan program bank dengan deposit atau investasi lainnya.

2. Tabungan diinvestasi menjadi emas

Setelah memiliki tabungan yang cukup banyak, segera investasikan dengan membeli emas. Pasalnya emas memiliki nilai yang stabil dan nilai intrisik yang tinggi, selain itu akan terus meningkat 10-20%  setiap tahunnya dibandingkan dengan nilai tukar uang. Jika nilai tukar akan bergantung pada kondisi negara, yang mengakibatkan ketidakpastian. Itu konsekuensi jika kita hanya menabung di bank.

3.Kumpulkan emas atau logam mulia secara disiplin sampai temukan rumah yang diinginkan

Untuk dapat membayar DP/ uang muka dibutuhkan sekitar 4-5 tahun untuk mendapatkan rumah yang diinginkan. Setelah terkumpul  bisa segera untuk menentukan lokasi yang strategis, dekat dengan moda transportasi, tidak banjir, dan terpenting sesuai dengan dana yang sudah terkumpul.

4.Bayar DP dan disiplin bayar cicilan

Setengah perjalanan sudah terlewati setelah membayar DP, selanjutnya kewajiban untuk tetap disiplin membayar cicilan. Karena dengan membeyar DP bukan berarti rumah sudah menjadi milik pribadi. Jangan karena sudah membayar DP aluruntuk mengatur keuangan menjadi kendor, dengan kembali membeli keperluan lain yang diinginkan. Tetap konsisten membayar cicilan sampai lunas.

5.Rumah lunas kebutuhan lain menunggu

Setelah akhirnya selesai membayar cicilan, jangan hilangkan kebiasaan untuk menyisihkan 20% dari pendapatan karena kedepannya akan ada kebutuhan keluarga lainnya yang lebih besar, membutuhkan biaya yang besar. Seperti mobil serta kebutuhan apabila nantinya akan mempunyai anak. Jadi disarankan untuk tetap pertahannkan kebiasaan untuk menabung.

6.Jumlah anggota keluarga bertambah pindah ke rumah baru

Saat sudah berkeluarga dan memiliki anak, sudah waktunya untuk meninggalkan rumah yang sudah dilunasi pada saat bujang. Jual dengan harga yang lebih tinggi daripada saat membeli dan akan di jadikan modal untuk membeli rumah yang lebih besar.

Tidak ada yang tidak dapat dilakukan, usia muda bisa mendapatkan rumah yang diinginkan asalkan konsisten untuk menabung dari pendapatan dan menjauhkan diri dari membeli barang-barnag sementara yang untuk keperluan gaya hidup saja. Selamat menabung!

 

LOGIN