Tradisi Hari Raya Imlek
Posted: 2017-01-27

Bagi masyarakat Tionghoa (Chienese), hari raya yang ditunggu-tunggu setiap tahun adalah merayakan Tahun Baru Imlek.Perayaannya dimulai di hari pertama bulan pertama (Tionghoa), pinyin, zhēngyuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Masyarakat yang merayakan menyambut gembira dengan berbagai macam tradisi kumpul bersama sanak keluarga dan teman, menyambut tahun baru imlek.

Berikut berbagai tradisi merayakan Tahun Baru Cina dari tahun ke tahun,yaitu:

1. Angpau

Imlek pasti identik dengan angpau. Istilah angpau sendiri berasal dari bahasa Hokkian. Angpau berisi sejumlah uang yang nantinya akan dibagikan kepada sanak saudara yang belum menikah. Aplopnya berwarna merah yang dianggap sebagai simbol kebaikan dan kesejahteraan. Warna ini juga dipercaya mampu membawa kebahagiaan dan semangat yang bersumber pada nasib baik.

2. Barongsai / Liong Naga

Tarian tradisional dari masa Dinasti Chin (abad ketiga sebelum masehi) Cina ini dilakukan oleh satu tim yang terdiri dari dua orang – dengan memakai kostum menyerupai singa. Singa merupakan simbol hewan yang diyakini memiliki daya magis dalam kebudayaan Cina.Tradisi ini dipercaya dapat menolak bala dan melimpahkan rejeki.

3. Makan Ikan

Bagi masyarakat Tionghoa, ikan adalah simbol kebahagiaan dan keberuntungan. Cara makannya menurut tradisi cukup unik, ikan yang dihidangkan tidak boleh dibalik. Apabila bagian atasnya sudah habis tidak boleh mengambil daging di sisilainnya dengan membalikikan, tidak boleh dihabiskan sekaligus pada hari itu, melainkan disisakan untuk keesokan harinya. Tradisi ini melambangkan nilai tambah untuk tahun berikutnya.

4. Membersihkan Rumah

Sehari sebelum perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa akan membersihkan rumah. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol buang sial dan membuka keberuntungan. Sebaliknya, tepat saat perayaan tahun baru Cina, menyapu rumah adalah hal yang pantang dilakukan. Menurut kepercayaan, hal ini akan membuang rejeki atau keberuntungan.

 

LOGIN