Cara Menjaga Baterai Handphone Tetap Awet
Posted: 2017-01-23

Hampir semua orang tidak bisa lepas dari handphone, karena penting untuk berkomunikasi, telephone, mengirimkan pesan, meng-update sosial media untuk mendapat berbagai informasi, sampai mengabadikan moment dengan berfoto semua bisa dilakukan di handphone. Permasalahnya semakin sering penggunaanya, akan semakin cepat memakan daya di baterai handphone. Oleh karena itu ada beberapa tips agar baterai handphone tetap awet.

1.  Jangan biarkan baterai sampai kosong

Jika kondisi baterai benar-benar mati makan akan mempengaruhi ketahanan usia baterai itu. Untuk itu lebih baik jangan biarkan baterai sampai kosong, dan diperhatikan pada pengisian baterai tidak baik jika sampai benar-benar penuh.

2. Pengisian baterai secara bertahap

Usahakan agar mengisi baterai handphone secara bertahap, mulai dengan pengisian 40%, dilanjutkan 60% sampai kira-kira 80%.Sehingga baterai tidak “panas” karenadiisi terus-menerus

3. Hindari dari suhu yang ekstrim

Letakkan baterai pada suhu normal sekitar 25 derajat agar baterai awet. Jangan letakkan pada tempat yang terlalu panas karena ketahanan baterai akan kehilangan 80 persen jika diletakkan di suhu terlalu panas. Berlaku juga jika diletakkan di suhu yang terlalu dingin.

4. Jaga pengaturan cahaya (brightness) handphone

Sebiasa mungkin minimalis untuk intensitas cahaya, karena bagian ini cukup menguras daya baterai handphone. Bagian layar merupakan komponen terbesar yang memakan daya baterai menjadi cepat habis.

5. Matikan koneksi dan aplikasi yang tidak digunakan

Bluetooth, GPS, Wi-fi, koneksi lain serta aplikasi yang tidak dibutuhkan sebaikanya dimatikan untuk menghemat daya baterai. Akan membuang-buang banyak daya karena device akan mencari signal yang mempengaruhi baterai.

6. Kunci handphone ketika tidak digunakan

Hal ini akan membuat sistem pada handphone “tidur” sehingga memakan sedikit daya. Jangan lupa untuk mematikan layar dan mengunci hanphone.

7. Ganti koneksi menggunakan Wi-fi

Matikan paket data dan gunakan wi-fi, sehingga pencarian signal akan otomatis lebih mudah dan tak menguras daya baterai karena berlaih menggunakan wi-fi.

 

LOGIN