Budiarsa: CitraLink Sistem Pemarasan yang Serba Efisien
Posted: 2017-03-09

Jakarta – Revolusi information technology (IT) di awal era tahun 2000-an telah merubah pola berkomunikasi dan gaya hidup umat manusia di seluruh dunia. Perubahan besar yang cenderung radikal terjadi di seluruh aspek kehidupan, baik sosial, politik, dan ekonomi.

Di bidang ekonomi, perkembangan IT “memaksa” para pelaku dunia usaha masuk dan mengikuti tren yang ada. Bila diabaikan mereka akan tertinggal jauh di belakang. Pola-pola hubungan bisnis pun berupa lebih cepat, efisien dan efektif.

Di lain pihak, perkembangan teknologi komunikasi membuka ruang-ruang kompetisi yang semakin ketat, termasuk sektor indutri properti. Karena itu, para pengembang “dipaksa” berinovasi dan mencari strategi baru dalam pemasaran produk-produknya yang lebih kreatif.

Hal inilah yang dilakukan perusahaan begawan properti (DR.Ir. Ciputra), Ciputra Group dengan memaksimalkan pemanfaatan IT, khususnya internet, tanpa meninggalkan pemasaran konvensional. Strategi tersebut diwujudkan dalam jejaring pemasaran properti yaitu CitraLink, yang telah berdiri sejak 5 tahun silam.

Menurut Presiden Direktur PT Ciputra Residence Tbk, Budiarsa Sastrawinata, CitraLink adalah system pemasaran yang menghubungkan proyek-proyek yang dipasarkan Ciputra dengan tenaga pemasar baik marketing in-house, maupun agen properti (broker). Sistem ini dinilai lebih efisien dan efektif karena tiga pihak terkait, yaitu pengembang, pemasar, dan konsumen dapat berkomunikasi secara online.

“Kita tidak semata-mata membuat produk berkualitas, tapi juga menerapkan strategi marketing dan cara-cara yang tepat untuk berjualan. Salah satunya konsep CitraLink, sehingga semuanya bias dilakukan secara online dan real time, sehingga serba efisien. Sistem ini akan terus kita kembangkan sehingga konsumen dimudahkan,” ujar Budiarsa Sastrawinata, di acara CitraLink Marketing Conference 2017 di Jakarta, Selasa (7/3).

Budiarsa mengatakan, sekarang ini persaingan tidak bisa dihindari, tetapi harus direspon dengan menyajikan produk berkualitas dan pemasaran inovatif. Dengan masuk ke system CitraLink pemasar mengetahui stok produk di berbagai proyek Ciputra dan point reward yang didapat.

Budiarsa menyatakan keberhasilannya memasarkan tiga proyek tahun lalu, yaitu Citra Raya Tangerang, Citra Maja Raya, dan Citra Garden City Malang, karena dukungan system CitraLink.

“Ini menjadi pencapaian yang luar biasa di tengah industry properti yang masih melemah. Tahun ini kita juga masih akan mengembangkan banyak fasilitas dan cluster baru di 3 proyek itu,” imbuhnya.

Kembangkan apartemen

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Senior Ciputra Grup Agussurja Widjaja menjelaskan rencana pengembangan apartemen di atas lahan seluas 2 hektere yang akan dilaksanakan di semester kedua tahun 2017 ini.

Apartemen yang membidik segmen kelas menengah ini, kata Agussurja, dipasarkan berkisar Rp.30 - Rp.35 juta per meter persegi. Perusahaan rencananya akan menggandeng partner yang masih dirahasiakan untuk pengembangan kawasan terpadu.

“Kami belum menentukan target penjualan untuk tahun ini. Semua proyeksi pertumbuhan masih akan didiskusikan secara matang hingga April mendatang.

 

Penulis: Erlan Kallo

LOGIN